Selasa, 10 Maret 2015

PERLENGKAPAN SISTEM JARINGAN PIPA TRANSMISI

Sistem pipa transmisi tergantung kondisi topografi yang dilaluinya, tentu saja harus dilengkapi dengan perlengkapan dan peralatan sesuai kebutuhan. Beberapa perlengkapan pipa yang digunakan antara lain :

1.        Katup Pengatur Debit.

Katup pengatur debit dipasang pada awal aliran atau diawal percabangan pada jaringan pipa transmisi yang digunakan untuk memperkecil atau memperbesar debit air yang dialirkan.
                 
2.       Katup Aliran Searah.

Katup aliran searah dipasang diawal aliran atau diawal percabangan pada jaringan pipa transmisi dimaksudkan untuk menjamin arah aliran yang  tetap, dengan dipasangnya katup aliran searah ini tidak akan terjadi aliran balik, biasanya disebut dengan nama Check Valve.

3.        Pengukur Debit

Pengukur debit diperlukan untuk mengetahui jumlah air yang mengalir setiap detik, menit, jam, hari, bulan, atau tahun. Alat pengukur debit ini dipasang pada awal aliran atau awal percabangan ataupun pada pipa masuk dan pipa keluar reservoir.

4.        Pengukur Tekanan

Pengukur tekanan biasanya dipasang pada jaringan pipa transmisi yang sesuai dengan kondisi hidroliknya. Ada titik kritis terjadinya tekanan tertinggi yakni pada akhir jalur penurunan dan pada awal pompanisasi serta pada akhir aliran gravitasi. Alat ukur tekanan ini yang banyak digunakan adalah jenis Manometer.

5.        Katup Udara

Hal ini dimaksudkan untuk membuang udara yang ada didalam pipa guna menjamin kelancaran aliran air. Katup udara ini yang umum digunakan adalah model tunggal dan model ganda yang biasa dikenal dengan nama  Air Valve.
  
6.        Katup Penguras

Katup penguras dipasang pada pipa transmisi yang elevasinya paling rendah, misalnya pada awal jembatan,dekat sungai. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengurasan / pencucian pipa agar kotoran – kotoran yang mengendap pada pipa dapat dibuang dengan mudah. Katup penguras ini modelnya sama dengan katup pengatur debit yang membedakannya hanya fungsi kegunaannya.

7.        Katup Pengatur Tekanan.
Katup pembatas tekanan dipasang pada jaringan pipa transmisi untuk melindungi keamanan pipa agar tidak pecah pada saat terjadi kenaikan tekanan air melebihi batas yang diperbolehkan ( Standard ). Katup pembatas tekanan ini biasanya dikenal dengan nama Pressure Reducing  Valve.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar