Jumat, 20 Februari 2015

SISTEM TRANSMISI AIR BERSIH

                Pengertian Sistem Transmisi
Transmisi air adalah  suatu cara/metode pengendalian pergerakan air dari sumbernya (danau, sungai, waduk atau sumur dll) hingga mencapai bangunan pengolahan air dalam sistem transmisi. Ini dimulai dari bangunan penyadap air baku yang akan digunakan dalam sistem penyediaan air minum dari sumber. Air kemudian dialirkan melalui saluran terbuka atau melalui saluran tertutup (pipa).
           Sistem Saluran Terbuka
Biasanya dipergunakan untuk air baku, pengalirannya secara gravitasi yang bekerja pada tekanan atmosfer. Kerugian dari saluran terbuka antara lain kecepatan pengaliran dapat begitu rendah sehingga terjadi pengendapan lumpur sepanjang saluran. Kelemahan lainnya adalah karena saluran ini sifatnya terbuka, maka rentan gangguan dari luar, kemungkinan pengambilan, pengotoran dan perusakan saluran.
           Sistem Saluran Tertutup
Biasanya berbentuk saluran pipa yang dibuat ditempat. Cara pengalirannya dapat berupa sistem gravitasi atau pemompaan. Saluran ini bekerja dengan tekanan lebih besar dari tekanan atmosfer. Terhadap gangguan dari luar saluran ini lebih aman dibandingkan dengan saluran terbuka.
               Jaringan Pipa Transmisi

Jaringan pipa transmisi adalah merupakan jaringan pipa yang dipergunakan untuk mengalirkan air dari bak penampung menuju                   reservoir pembagi, baik yang berbentuk ground reservoir maupun yang berbentuk menara air serta baik yang dengan sistem pompanisasi maupun yang gravitasi, sistem transmisi berbentuk saluran terbuka dan saluran tertutup atau pipa. 

1 komentar:

  1. Wynn Resorts Ltd. - JS Hub
    Wynn 충청북도 출장안마 Resorts, Limited is an entertainment, hospitality, and hospitality 서산 출장안마 company based out of the United States 경상북도 출장안마 of 고양 출장샵 America. 제주도 출장샵 The Company offers

    BalasHapus